Jumat, 11 September 2009

Proton Exora


Proton resmi memperkenalkan Multy Purpose Vehicle (MPV) mereka Exora. Mobil tersebut diprediksi akan jadi kuda hitam dikelasnya yang selama ini dikuasai pabrikan Jepang.

Lantas, seperti apa 'kuda hitam' dari negeri tetangga ini? Mari kita intip sedikit.Proton Exora sebelumnya telah santer diberitakan di negara asalnya Malaysia. Kemudian beredar rumors MPV ini akan hadir pula di Tanah Air mengikuti jejak Savvy, Pesona, Neo, Waja, Gen 2, dan Saga.


Hadir di segmen MPV tentunya Exora akan berhadapan langsung dengan pemain besar seperti Innova, Livina, dan yang terbaru Freed. Tapi Proton tak tinggal diam. Desain, dan nilai lebih dipikirkan untuk mendongkrak Exora dibanding kompetitornya.

Bila dilihat secara keseluruhan, Exora memang tak jauh berbeda dengan mobil Jepang. Desain lampu depan, bumper depan, grill, dan tarikan garis hingga ke body bagian belakang sepintas mirip kompetitornya dari negeri Sakura.
Meski pemain baru, namun Exora telah dilengkapi berbagai elemen yang setara MPV masa kini. Tengok saja penggunaan lapu sein di spion yang menggunakan LED dan juga stoplamp LED serta rear spoiler yang sporty, tak kalah dengan MPV lain yang telah hadir lebih dari satu generasi.

Dibagian dalam 7 orang penumpang sanggup diangkut di Exora. Bila tidak dijejali penumpang sebanyak itu, kursi jok baris kedua dan ketiga bisa dilipat rata dengan 6 cara. Akibatnya, kapasitas bagai kini jauh bertambah luas. Penumpang juga dimanjakan dengan sistem audio yang mumpuni. Bahakn untuk tipe Supreme, telah menggunakan DVD Player.

Tak sampai disitu, faktor keamanan pun diperhatikan. Seperangkat Anti-Lock Braking System (ABS), Electonik Brake Force Distribution System (EBD) sudah disematkan dalam Exora.

Ada lima pilihan warna yang ditawarkan Proton untuk Exora, yakni Solid White, Blue Haze, Gaia Blue, Tranquility Black, dan Genetic Silver. Dengan harga yang katanya jauh lebih murah dan mesin 1.600 cc yang lebih besar dibandingkan Honda Freed, rasanya Exora bisa jadi ancaman baru untuk kompetitor dikelasnya.
(sumber :Prasetyo Adhi-Okezone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar