Minggu, 13 September 2009

Mainan Baru Hyundai

Hyundai belum merilis Hyundai Sonata terbaru, namun decak kagum sudah terdengar di mana-mana. Gara-gara foto-foto spy mid-size sedan ini bocor ke internet dan menyebar ke mana-mana.

Seperti generasi sebelumnya, Sonata menggebrak dengan perubahan revolusioner. Dan mungkin ini sesuatu hal yang tidak pernah diharapakan Toyota dan Honda. Hyundai terbukti berhasil meniru langkah mereka dengan menghasilkan produk yang berkualitas, nyaman dan memuaskan.

Bukan itu, bisa jadi Hyundai melangkah lebih cepat dari dua pabrikan Jepang itu. Lihat saja, mereka kini jadi perusahaan otomotif ke empat terbesar di dunia. Coba bandingkan dengan sepuluh tahun lalu. 


Dalam foto-foto spy, terlihat lebih menyerupai mobil-mobil mewah sekelas Lexus LS daripada Camry atau Accord. Moncongnya yang panjang dengan lekuk-lekuk elegan membuatnya terlihat berkelas. Hilang sudah kesan mobil murah.

Memanfaatkan animo masyarakat yang tinggi, Hyundai mengumumkan mulai 1 September menerima pesanan untuk Sonata terbaru itu. Model berkode YF ini akan diluncurkan secara resmi 10 September di Korea Selatan, menggantikan Sonata sebelumnya yang berkode NF (rilis 2004). Sonata adalah sedan paling laris Hyundai.

Mesin 2.0 liter Theta II pada Sonata baru dipasangkan dengan transmisi 6-speed automatic. Konsumsi bahan bakarnya 12.8 km/liter dan menjadi sedan paling irit dikelasnya. Faktor safety juga ditingkatkan dengan aplikasi Vehicle Dynamic Control. Fitur standar ini berfungsi menjaga stabilitas mobil dengan mendeteksi dan meminimalisir tergelincirnya roda.

Kenyaman juga jadi perhatian. Sejumlah teknologi baru dan spesifikasi premium dipasang di sedan ini. Seperti panoramic sunroof, pemindah gigi di roda kemudi dan push-button untuk hidupkan mobil. 


Dari samping, garis lengkung a la coupe mendominasi yang menggaungkan kesan dinamis dan eksotis. Sisi depannya mengkomunikasi citra kuat dan tangguh lewat radiator grille lebar dan lampu utama yang menatap tajam.

Aliran garis lengkung seperti coupe ini mengekspresikan bahasa disain ’fluidic sculpture’, arahan disain terbaru Hyundai yang akan berperan sebagai panduan dalam meningkatkan citra brand.

Sejak generasi pertama diluncurkan, Oktober 1985 di Korea Selatan, 4.45 juta unit Sonata terjual di seluruh dunia. Tahun 2004 Sonata mendapat nilai tertinggi pada J.D. Powers Initial Quality Survey pada kelompok Entry Midsize Car.


(sumber : www.mobilku.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar