Senin, 14 September 2009

Beli Mobkas Untuk Mudik Lewat Lelang

Banyak cara untuk mendapatkan mobil bekas (mobkas), bisa on the spot ke lokasi penjual (perorangan) atau showroom. Namun, menjelang mudik, harga pasti sudah membubung. Walau begitu, ada yang harganya sedikit murah dalam situasi begini. Konon, itu didapat melalui lelang.

Namun, kondisi sebaliknya bisa dialami, yakni justru mobkas yang diincar tidak murah. Bisa jadi karena kondisi kendaraan masih bagus. Kalaupun harganya lebih rendah dari pasaran, Anda mesti hati-hati.

Agar tidak kecebur, beberapa trik bisa diterapkan.

1. Lelang perusahaan bonafit
Pilih lelang mobkas oleh perusahaan yang kredibilitasnya bisa dipertahankan. Perusahaan yang selalu merawat armada dengan layak.

2. Dekati juru lelang
Ini penting. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam lelang, paling tidak, Anda mengetahui peta kekuatan pesaing serta angka penawaran tertinggi.

3. Pilih lelang tertutup
Maksudnya, tidak semua peserta lelang bisa melihat tawaran peserta lainnya. Hal ini memengaruhi sisi emosional untuk memberi penawaran lebih tinggi. Lelang ini lebih memungkinkan Anda mendapat harga mobil sesuai harapan.

4. Cermati kondisi mobil
Sebelum proses lelang, peserta diberi kesempatan menengok kondisi mobil. Nah, di situlah ketelitian Anda dituntut. Terutama, berkaitan dengan estimasi biaya rekondisi.

5. Cari mobkas yang dirawat
Usahakan mencari perawatan dari mobkas yang akan dilelang. Informasi bisa diraih melalui juru lelang atau koneksi lain di perusahaan tersebut. Kalau memang dirawat di bengkel resmi, jika memungkinkan, cross check ke bengkel resminya. Mintalah bantuan service advisor di bengkel tersebut untuk menganalisis kondisi mobil.

6. Jangan terpaku jarak tempuh
Mobil untuk operasional memiliki jarak tempuh di atas rata-rata pemakaian normal. Cari info sebanyak mungkin, terutama bagaimana perusahaan memperlakukan armadanya. Pastikan kelengkapan mobil masih dalam keadaan baik.

7. Mobkas tidak banyak tangan
Sebisa mungkin, mobkas tidak dipakai banyak tangan. Dengan begitu, kondisi pasti lebih terawat

(sumber : Sugihendi - Kompas Otomotif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar