Minggu, 13 September 2009

Mau Beli Grand Livina 1.8 Bekas? Baca dulu hasil tes drivenya!



Nissan Motor Indonesia berkali-kali mengatakan Nissan Grand Livina dirancang secara spesifik untuk keluarga Indonesia. Ketika merancang model ini, disainer Nissan melakukan survey intensif pada keluarga Indonesia, termasuk mengukur tingkat kenyaman optimal bila penggunanya memakai kebaya, posisi duduk paling pas dan banyak hal lain yang spesifik

Tak terhitung mobil yang ditawarkan sebagai kendaraan keluarga di Indonesia dan harus diakui, Grand Livina berbeda karena Nissan membangunnya dengan karakter sedan yang kuat, dengan keunggulan sebuah minivan. Inilah crossover sedan-minivan yang beradaptasi dengan kondisi dan iklim Indonesia.

Kami mendapat pinjaman Nissan Grand Livina 1.8 XV MT dari PT Nissan Mobil Indonesia. Ini adalah varian paling rendah dari Grand Livina bermesin 1.8 liter. Mesin 1.8 liter plus gearbox 6-speed manual menggoda untuk dicoba. Karena ini base model untuk versi 1.8 liter, kami bisa mengetahui fitur apa saja yang bisa didapat dengan harga Rp 165.5 juta on the road Jakarta.

Perjalanan dimulai dengan akselerasi panjang untuk melebur di keramaian jalan M.T Haryono. Kesan pertama, wow, ada gaya tak tampak yang mendorong tubuh ke sandaran kursi. Mesin HR18DE empat silinder 1.8 liter DOHC dengan teknologi katup CVTC (Continuously Variable Valve Timing Control) menawarkan kombinasi tenaga dan torsi yang cukup baik plus konsumsi bahan bakar efisien.

Gearbox dengan 6-speed (saran kami, tanyakan pada salesperson Nissan bagaimana cara memindah tuas ke posisi R) bekerja dengan halus, ringan, presisi, jarak travel pendek dan meninggalkan bunyi klik saat tuas digerakkan. Bunyi itu mengingatkan pada transmisi matik. Pedal koplingnya ringan ditekan. Kami punya kesan bagus dengan transmisi ini.

Ketika arus lalulintas mulai beku, tuas transmisi digeser ke gigi satu. Terasa pedal gas menjadi sangat sensitive dan dan sentuhan ringan saja langsung bergerak. Gerakan kemudi ringan dan sistem pengereman bekerja optimal.

Saat melintasi tol dengan kecepatan diatas 100km/jam, suspensi terasa lembut tapi tidak limbung. Suara mesin dan roda menyusup masuk, tapi masih dalam batas toleransi. Yang mencolok, brake engine nyaris tidak ada. Untungnya dibekali rem pakem yang bisa dihandalkan. Sayang, untuk tipe ini tidak dilengkapi ABS, EBD dan BA seperti di varian Ultimate.

Dalam pembicaraan terpisah, Teddy Irawan, Deputy Director National Sales & Promotion, PT NMI menjelaskan bahwa kondisi itu karena ukuran diameter dan langkah piston hampir sama yaitu (84.0 x 81.1)mm. Engine brake besar didapat bila panjang langkah piston lebih besar dari diameter.

Interior elegan

Interiornya elegan, dikerjakan dengan rapih dan presisi. Kombinasi material dan warnya berpadu padan. Posisi kursi pengemudi nyaman dan mudah diatur sesuai selera. Fitur-fiturnya familiar, tidak membingungkan. Disain dashboardnya keren dan fungsional.

Nilai plus untuk system climate/AC dalam waktu singkat bisa mendinginkan seluruh ruangan hingga ke baris belakang. Jadi penumpang baris ketiga tidak terlalu lama kegerahan. AC cukup dingin, sayang suara blowernya menderu-deru. Nissan mestinya juga bisa mengoptimalkan keluaran audio-nya.

Sebagai penumpang, mobil ini nyaman sekali. Kursi baris kedua nyaman, bisa digeser, reclining dan blower AC yang bisa disetel arahnya. Juga arm rest yang dilengkapi cup holder, namun bila demikian hanya untuk berdua bukan bertiga.

Kami tidak memiliki keluhan untuk kursi baris ketiga. Head room yang sering dikeluhkan pada mobil-mobil dengan tiga baris kursi, cukup tinggi di Grand Livina. Nyaman untuk berdua dan memiliki view yang bagus ke depan. Dilengkapi pula dengan cup holder. Seharusnya Nissan memasang seatbelt di sini, bila memang baris itu untuk penumpang.

Bila kursi baris ketiga dilipat ada, tercipa ruang kargo yang lapang, dilengkapi kait-kait untuk pengaturan barang atau memasang jaring pengaman. Fitur menarik, ada kompartemen di bawah lantai yang ideal untuk menyimpan barang-barang basah atau bau. Fleksibilitas baris kedua dan ketiga memaksimalkan kemampuan memuat bagasi mobil ini.

Nilai plus lain, air intake diatas grille, posisi yang aman untuk menembus banjir, nyaris sejajar dengan posisi sekering. Nissan mendorong pemiliknya untuk rajin melakukan pemeriksaan rutin dengan cara mempermudah akses memeriksa kondisi pelumas mesin, aki, air radiator, air wiper, minyak rem, dan sekering.

Menurut kami, Grand Livina memang kendaraan keluarga yang pas lebih-lebih bila disopiri. Mobil ini nyaman, aman dan nikmat untuk anda dan permata hati.

(sumber : www.mobilku.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar