Minggu, 13 September 2009

Agar Radiator Tidak Mampet

ADA yang mengatakan radiator coolant tidak bagus, namun ada pula sebaliknya. Namun dalam prinsip sebenarnya, radiator coolant berfungsi “melancarkan” lubang lubang yang seharusnya mengalirkan air pendingin. Jadi, sebaiknya memang selalu menggunakan radiator coolant, khususnya mobil mobil baru. Air bersih juga bagus, namun bagi radiator yang terbuat dari alumunium, tetap saja saluran cepat buntu. 
Lakukan perawatan radiator secara rutin(minimal 1x dalam sebulan) 
  • Jangan menggunakan air yang kotor/keruh.
  • Apabila terpaksa menggunakan air kotor,segera lakukan pembilasan
    dengan air yang bersih.
  • Untuk radiator biasanya di kuras lalu menggunakan flush radiator dan memakai radiator coolant, kalau sudah berkarat anda lebih baik di service dahulu baru menggunakan coolant. Chek juga thermostatnya apakah masih baik.
  • Perhatikan juga tutup radiatornya karena berpengaruh bagi kelancaran air berputar.
Thermostat 
Mencopot thermostat memang ada untungnya, temperatur mesin jadi lebih rendah dibandingkan standartnya ( 70 ~ 90 derajat ). Namun suhu kerja normal yang kerap tidak tercapai bisa membuat mesin kehilangan “tenaga”. Mesin juga akan terbeban putaran kipas pendingin terus menerus sehingga tenaganya menurun ( seharusnya hanya kebeban hanya saat temperatur mesin mulai panas ).
Mesin yang terlalu dingin juga boros bahan bakar ( panas pembakaran banyak diserap oleh sistem pendinginan ). Suara mesin jadi kencang saat mesin digas. 
Hidupkan mesin pagi hari 
Wajib “warming up” setiap pagi hari sebelum berangkat, minimal 5 menit. Pemanasan awal ini berguna agar seluruh komponen kendaraan bekerja optimal, baru diberi beban. Mobil yang jarang dihidupkan dikesankan mobil simpanan alias bagus, padahal mesin jarang hidup berpengaruh pada oli mesin dan komponen lain yang menjadi lebih peka. Oli mesin yang “mengeras” (mengental lebih dari kadar SAE sebenarnya), maka saat dihidupkan silinder-silinder lebih sulit bergerak yang bisa merusak dinding silinder. Jadi sebaiknya mobil 'dipanaskan', meskipun tidak dipakai. Sekalian men-charge baterai agar tetap terjaga prima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar