Minggu, 13 September 2009

Lamborghini Reventon Kalahkan Bugatti Veyron

 Lamborghini Reventon

Mobil super Lamborghini Reventon pertama kali diperkenalkan di Frankfurt Auto Show di Jerman, tahun 2007 lalu. Kini, tahun 2009,  tampangnya semakin berubah dengan bahan bodi kevlar mirip pesawat Stealth F-117 Night Bird. Padahal inspirasi sesungguhnya adalah pesawat tempur interceptor stealth juga, F-22 Raptor yang belum ada tandingannya di timur dan di barat.
Reventon dirancang menghabiskan biaya hingga  $1,6 juta, di hanggar khusus tempat F-22 raptor juga “menginap”. Diperkirakan, bila dijual ke pasaran harus ditebus seharga $ 3 juta dolar, atau sekitar Rp 30 milyar lebih. Ini bisa seharga sebuah pesawat komersial Boeing 737-300/400 bekas pakai. 
Bandingkan dengan harga Bugatty Veyron yang telah dijual ke pasaran dengan harga $ 1,4 juta, atau sekitar Rp 14 milyar. Apa kelebihan Reventon hingga semahal itu?
Lihatlah mesinnya yang dibalur kaca tahan panas dengan isi silinder  6.5-liter V12. Hasilnya tenaga sebesar 650 horsepower (hp) dan torsi 487 pound-feet. Memang masih di bawah Bugatty Veyron yang bisa menyemburkan tenaga hingga 1001 hp. Entah juga Reventon secepat Bugatti Veyron yang bisa melaju hingga 435 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 2,5 detik!

Bugatti Veyron

Tapi ingat, Lamborghini Reventon ini hanya akan dibuat sebanyak 20 unit. Artinya, hanya orang sekelas Sultan Brunei yang mungkin akan memilikinya. 11 unit sendiri sudah dipesan untuk pasaran Amerika Serikat sendiri. Jadi, kita usah membayang akan bisa menikmati sensasi mengendarainya. Cukup membayangkan sajalah ya?
Jangan tanya interiornya, yang juga didesain berbasis F-22 Raptor. Serba digital dan serba “flight by wire”. Lampu depan yang terbalut kap mesin khas stealth memancar amat kuat berkat  Bi-Xenon unit. Dibuat menggunakan bahan alcantara, karbon fiber, aluminium dan bahan kulit di interior.  Ruang kemudinya juga persis ruang kokpit F-22 Raptor. Bahan bahannya juga serupa, dibalut alumunium dan karbon fiber.  
Semua penala ada, termasuk bahkan G-force, yang akan menilai tingkat gravitasi yang bisa dirasakan pengemudi andai mobil “terbang” dan melayang  saat bermanuver dalam kecepatan amat tinggi, lalu di rem mendadak. Mirip mobil di film film science fiction, LCD  3D akan memberi semua informasi kepada “pilot” dengan sangat akurat. Semuanya hanya sama dengan yang digunakan di pesawat tempur, dan sebagiannya mirip punya mobil balap F-1. Mau?


Item                                    Lamborghini Reventon              Bugatty Veyron
Harga                                  Rp 30 milyar                                 Rp 14 milyar
Drive train                         All wheel drive                              4-wheel drive
Tenaga (hp)                      650@8000                                    1001 @ 6000
Torsi  (lb-ft)                       487 @ 6000                                  922 @ 2200
Wheelbase (in.)               104.9                                              106,7
Panjang (in.)                     185                                                  175,7
Lebar (in.)                         81                                                    78,7
Tinggi (in.)                         44.7                                                 47,4
Mesin :
Type                                   Bensin V12                                    Bensin Quad turbo W16
Isi silinder                          6.5L                                                 8.0 L  
Fuel System                     SEFI                                                MEVI-DOHC VVT
Jumlah   penumpang     2                                                      2


(sumber : www.harian-aceh.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar